October 20, 2016

Tanya Jawab Taaruf

Share it Please



Setelah penulisan proposal selesai, maka tahap selanjutnya akan ada penukaran proposal. Di titik ini, masing masing orang akan membaca proposal lawan taarufnya. 
Hmmmph. #tepuktepukdada #eluseluspunggung. 
Bismillaah. 

Sebelum membacanya ada baiknya untuk mengoreksi kembali niat, kembalikan ke gambaran besarnya, kenapa kita memutuskan untuk melakukan taaruf. Daaan, bacalah dalam kondisi damai yaa. Damai hati, damai fisik. Jangan kemrungsung, buru buru atau lagi hebring. Habis shalat dan wirid doa, biasanya waktu paling pas.

Eng ing eng!

...
...
...

Habis baca, maka baca lagi.
Sudah selesai?
Baca lagi.
Sudah tiga kali baca?

Hehe bisa distop sementara, dan coba rasakan, apakah di proposal lawan taaruf yang dibaca ada bagian yg mengganjal. Setelah tiga kali baca pasti keliatan yg mengganjal yg mana. Kalaupun ngga ada yg mengganjal, coba cari bagian yg bikin penasaran. Semua hal itu bisa dikumpulkan dan dijadikan pertanyaan yang secara syari bisa ditanyakan. Tentunya dengan pendampingan (lihat post sebelumnya tentang siapa aja yg bisa jadi pendamping). Pendamping akan mengforward pertanyaan kita pada pendamping lawan taaruf. Dan si lawan taaruf akan menerima pertanyaan kita dari pendampingnya. Sistem berlaku sama untuk pertanyaan atau ganjalan yang lawan taaruf punya setelah baca proposal kita.

Ribet yak? Hahaha, prakteknya ngga seribet ini kok. Kalau dirasa ribet, bisa juga dipotong rantainya dengan hanya satu pendamping. Kayak gini :

Kita - pendamping taaruf kita - si doi lawan taaruf
Intinya mah ada pendampingnya.

Kalau misalnya sudah cocok di hati, rasa rasanya nggak ada tuh bagian si lawan taaruf yang bikin ganjel, ya syukur alhamdulillah. Lanjut ke tahaap berikutnya.

Sebaliknya, kalaaau dari baca proposal aja kalian ngga klop, ngga klik, ngga yakin, udah kebanyakan suudzon (meski ngga sengaja dan tiba tiba gitu berprasangkanya), ya sudah bisa dikomunikasikan ke pendamping taaruf, proses bisa berhenti sampai disini.

Ps : tapi in my humble opinion, biar mantep dan ngga cuma karena alasan sekilas, proses dulu deh sampe stage tanya jawab. Kalau sudah ditanya, jawaban dia masih bikin kalian ngga mantep, nah baru deh deklare lantang kalau kita mundur.

Tahu mantep tidaknya dr mana?
Itu cuma hati kecil dan Allah yang tahu. Ngga bisa karena pendapat orang lain. Ngga bisa karena prasangka lain. Kadang tidak mantep karena tidak sefikroh, karena beda prinsip hidup, beda cara pandang, beda mimpi besarnya. Kadang masih tidak mantep karena hal yang non prinsipil seperti gaji, kerjanya, background keluarga, background pendidikan, dsb. Coba deh konsul ke Allah sambil pegang teguh keyakinan kalau poin jodoh terbaik itu dititik beratkan pada agama dan bahwa jodoh ngga ketuker. Minta supaya diberi petunjuk dan ditakdirkan yang terbaik.

Sekedar cerita aja, saya dulu waktu proses, saking ngga tenangnya, saking paranoidnya, sempet berniat untuk membombardir lawan taaruf dengan 50 pertanyaan meski sebenernya tidak ada yang krusial dan mendesak didalam proposalnya yang bisa jadi pertanyaan. Karena to be honest, saya merasa visi kami sama, goal tujuan hidupnya juga sama. Jadi 50 pertanyaan itu pure dibuat buat dengan skenario 'gimana kalau' jadi saya sok sok-an berandai andai, rada sedikit niat mau ngetes lawan taaruf. 

Ketika tiba saatnya buat tanya jawab, pendamping saya tanya, bisa kopi daratnya kapan? Terus saya kaget, lhoh kok langsung kopi darat mbak? Ngga ada tanya jawab? Si mbaknya malah tanya balik o, kamu ada pertanyaan intan? Habisnya si mas itu ngga ada pertanyaan.

Me be like : what?

Wkwk, pupus udah 50 pertanyaan yang direncanakan yangmana waktu itu literali udah mulai dilist sampe 10 nomer. Maluuuh dijee, kayak apa aja, pertanyaan sampe harus dibuat buat. Ngga syari. Padahal kan ngga ada yang begitu ngganjel. Uuuu. 

Akhirnya ketika itu, diputuskan saya hanya akan mengajukan pertanyaan paliiing syari yang paling mendesak. Bahkan saya yg rada parno sama masalah edukasi aja ngga berani tanya ipk lawan taaruf waktu kuliah. Ngga tanya toefl nilainya berapa, nggak tanya gajinya berapa, ngga tanya bisa nggak kira2 nafkahin setelah nikah. Ngga tanya - tanya dan usil tentang background sosial - ekonomi keluarga beliau. Ngga berani akhirnyaa. Segala pertanyaan itu berakhir didoa 'Ya Allah jika dia terbaik untuk hidupku, masa depanku dan dunia akhiratku maka dekatkanlah, jika dia bukan yang terbaik maka berikanlah hamba ganti yang lebih baik'

Yup sesederhana itu dan akhirnya cuma tiga pertanyaan yang saya tanyakan. 
  1. Masalah merokok atau tidak
    (ini super duper krusial buat saya, i will have no bargain about smoking)
  2. Bagaimana pendapatnya mengenai hutang untuk modal usaha
    (saya alhamdulillah tumbuh besar dari orangtua yang menghindari hutang, jadi agak ngeri bagi saya kalau tentang ini ngga sependapat, dan lawan taaruf saya termasuk tipe yang sangat percaya bahwa berdagang itu membuka pintu rizki, jadilah pertanyaan ini saya tanyakan)
  3. Dan kesediaan menunggu acara nikah yg mungkin agak lama karena menunggu kakak kandung yg belum pulang dr negeri sebrang (which is membuat agak riskan, karena kalau mengikuti aturan syari harusnya waktu tunggu dari khitbah ke nikah ga boleh lama2, resiko menjaga hatinya lebih lama, takutnya beliau atau bapak ustadznya tidak setuju.)

Dan berhubung si mas lawan taaruf itu tidak punya pertanyaan lanjutan buat saya, jadi diputuskan tiga pertanyaan saya diatas ditanyakan langsug saat kopi darat atau ketika bertemu untuk pertama kalinya. Jadi, jawaban atas pertanyaan saya ada di post selanjutnya. 

Wallahu'alam bishawab.


No comments:

Post a Comment

Silakan beri komentar =D

Find Me !

Facebook  Twitter  Instagram

Blogroll

About

a complete pack of girl-turn-to-woman in her 20's something