May 15, 2016

Alasan Ta'aruf

Share it Please





Sebelum ketahapan/langkah2 proses taarufnya, kayaknya saya akan membahas tentang alasan bertaaruf dulu deh, biar makin yakin buat yang mau coba, dan makin tahu alasan dari sudut pandang 'orang dalam' nya bagi yang masih kurang yakin.
  

Kenapa taaruf? 

Bagi mereka yang sinis pasti nyautnya : karena objek taaruf pada ngga punya pacar. Hoho, itu bener bangeet, emang yang taaruf biasanya ngga punya pacar, tapi ngga punya pacar beda lho yaa sama ngga laku, banyak yang memutuskan taaruf setelah nolakin sekian banyak cowok yang ngantri pengen macarin.

Public figure di Indonesia aja udah banyak yang memercayakan pencarian jodohnya dengan proses taaruf, ada Oki Setiana Dewi, Fedi Nuril, Angella Fransisca, Yulia Rahman dst. Apakah karena taaruf mereka dapet pasangan yang kualitasnya buruk atau ngga sekece orang pada umumnya?

Jawabannya NOOO, figure figure itu dapet pasangan yang top quality juga. Yang cewek (mba oki, teh angie, tante yulia) dapet para entrepreneur muda yang secara rizki alhamdulillah lancar, yang cowok (Bang Fedi) dapet istri cuantiks dan jodoh mereka didapat tanpa menghilangkan fokus utama dalam pencarian pasangan hidup, yaitu searching soulmate to heaven, mereka yang sefikroh, sepemikiran, sevisi-misi, untuk menjalani hidup kedepannya di koridor jalan Allah.
Kece badai kaaan.

Lah kan mereka artist, jelas dapet pasangan yang top quality.
Nope, sebenernya hakikatnya bukan karena profesi mereka sebagai ‘artis’nya,
tapi value apa yang ada dalam diri mereka.
Seberapa pantaskah kita mendapat sosok pendamping yang top quality?
Sepantas kalau kita termasuk golongan orang yang top quality juga.
Udahlah artis, berprestasi, keimanannya tinggi, ngga mungkin Allah ngasihnya sembarang orang.

Allah sudah berfirman : lelaki baik mendapat wanita baik dan begitupun sebaliknya. Karena memang jodoh cerminan diri. Jadi, ngga lagi lagi ya pake alasan takut taaruf karena khawatir dapet jodoh yang zonk. Zonk tidaknya jodoh kita ditentukan zonk tidaknya kita. Pacaran pun, kalau kitanya zonk, yang top quality juga pada males deket deket, hehe. 

Nah, buat sentimental personal, alasan terkuat saya untuk berproses via taaruf salah satunya juga karena hal krusial tersebut diatas, karena jodoh adalah cerminan diri. Ketika proses taaruf saya sudah mendekati final (fix menikah) semua orang memuji saya dengan decak kagum, mengapresiasi keberanian saya untuk menikah di usia relative muda lewat proses taaruf, berkali kali menganggap saya sangat solehah (which is selalu saya aminin), sampe saya sering maluuu banget. Padahal kalau mereka tahu alasan sebenernyaa saya proses taaruf, hiks, ngga tahu deh apakah mereka masih punya pikiran yang sama.

Taaruf bagi saya adalah jawaban untuk mendapatkan jodoh terbaik dengan kualitas diri saya yang terbatas dan masih jauh dari ideal, apalagi solehah T_T. Saya tahu persis kualitas diri dan bingung banget sebenernya, karena hampir semua aspek diri harus dibenahi, saya takut dan paranoid kalau dapet jodoh yang sama-sama ngga nggenahnya kayak saya. Lah terus pernikahannya dibawa kemana dong?

And fyi, saya ngga pernah nolak atau anti pacaran lhoh sebelumnya, probabilitas pacaran atau menjalin hubungan dekat pun sudah terproyeksi berkali kali di kepala ketika mendekati masa kuliah akhir, tapi ya balik lagi, saya takut. Karena sebagai manusia, kita sangat terbatas.

Saya menganalisis : katakanlah untuk nyaman, percaya dan saling mengenal satu sama lain dalam hubungan pacaran butuh waktu 2 tahun, tapi tidak pernah ada yang jamin, setelah itu berani ke pelaminan, lagi lagi harus nunggu, kalau ternyata ada masalah dan putus, akhirnya harus cari orang baru.

Kalaupun nyatanya jadi kepelaminan, contoh ribuan pernikahan gagal yang sehari hari jadi konsumsi, seliweran dimana-mana, siapa yang mau jamin kalau pernikahan bisa berlangsung langgeng?

Dengan ketidak pastian segala sesuatunya, saya waktu itu sering diingatkan bahwa kalau pacaran itu perbuatan yang membuat Allah cemburu dan berkurang simpatinya sama kita. Parno ngga sih? Andaikan kita udah mantep, yakin seyakin-yakinnya milih seseorang sebagai pendamping hidup kita setelah pacaran 2 tahun, terus setelah 5 tahun pernikahan ada masalah, siapa yang bakal tanggungjawab? Siapa yang bisa ngebantu buat ngadepin cobaan didepan?

Ngandelin ortu yang udah sepuh pasti bakal jadi pikiran bagi beliau kalau kita curhat; ngandelin saudara, sedangkan mereka sibuk dan punya kehidupan penting masing masing,; curhat ke sahabat? misal ada yang sinyal kuat, khawatirnya nanti se Indonesia raya tahu semua problem kita hehe.

So, who else?

Cuma Allah lah satu-satunya tempat kembali, tempet curhat, tempet minta solusi. Kebayang ngga sih gimana Allah kalau kita yang seenak jidat milih pasangan tanpa minta pertimbangan Allah, tanpa permisi dan izin, pake cara yang bikin Allah cemburu, terus begitu giliran kepentok masalah, minta tolong dikuatin menghadapi masalah itu dan minta dikasi jalan keluar?

Saya sempet ngeri, ngebayangin kalau Allah bilang : Enak aja, kemaren maren ngga pake konsultasi, sekarang begitu ada problem rengek – rengek. No, selesein aja sendiri. T_T

Jleb, ituuu sakitnyaaa tuuhh disiniii jeung T_T.

Huu kok ngeri sih, tapi sebentar deh kan cuma sedikit banget tuh yang berhasil nikah tanpa pacaran, dan sisanya banyak yang pake pacaran, berarti mereka ngga bakal langgeng? Mereka ngga bakal jodoh? Terus gimana kalau udah pake proses taaruf tapi cerai atau ngga jodoh?

Nope, jodoh tidaknya seseorang itu ngga ada hubungannya sama taaruf atau ngganya. Karena ya jodoh dan rizki itu sudah saklek tertulis, sudah pasti sepasti-pastinya terjamin di lauhul mahfudz. Jadi, tanpa taaruf pun, yang jodoh bakal tetep berjodoh. Kalau suratan takdirnya langgeng ya akan langgeng dan begitupun sebaliknya.

Lah, kan jadi bingung, kalau gitu mending pacaran ajaa lah. Nyatanya tadi kalau jodoh tetep jodoh, ya berarti pacaran aja!

Salim A Fillah pernah menuliskan bahwa sama – sama jodohnya, sama – sama bakal nikahnya, sama – sama terjamin langgengnya, tapi kalau cara menjemput jodohnya dengan cara yang diridhoi dan tanpa membuat Allah cemburu maka bedanya adalah dirasa berkahnya, jodohmu mau diulurkan secara lembut dan penuh mesra oleh Allah atau dilempar dengan penuh murka?
 
Dimana letak keberkahan kalau begitu? Keberkahan yang tadi jadi faktor pembeda letaknya ada dirasa bahagia, cinta, aman dan cukup bersama pasangan. Misalnya ada musibah melanda, bukannya jadi merenggangkan tapi membuat jadi makin erat karena saling bahu membahu, misalnya ada bahagia ya semakin membuat cinta, intinya susah senang membuat ikatan pernikahan makin kuat antar suami istri sekaligus ngebikin mereka makin deket Allah.

Eh, gitu ya? Tapi apa ngga takut dengan taaruf kedepannya akan menjumpai banyak cekcok karena waktu saling mengenal ngga cukup lama? Kalau ternyata ngga cocok gimana?

Ngga usah khawatir, jodoh itu kan salah satu dari empat hal paling pasti, jadi yakinlah kalau Allah ngga bakal keliru apalagi ketuker tentang jodoh kita. Manusia di dunia ini tidak akan ada yang mati sebelum rizkinya terpenuhi semua dan jodohnya datang menjemputnya (kecuali yang qadarullahnya ditakdirkan berjodoh hanya dengan penduduk akhirat yaa like Bunda Maryam dan Aisyah istri Firaun). Kepastian ini juga berlaku dalam proses ta'aruf, ketika sekiranya Allah menjodohkan, bakal lancar semua tahapan proses, lancar ke orang tua dan keluarga, lancar segala-galanya sampe hari H. Ngga ada aral melintang yang berarti. Kalau ngga berjodoh ya pasti ngga akan sampai ke pelaminan.

Dan masalah cekcok sama beda pendapat mah ngga usah dikhawatirin, itu problem sejuta umat. yang penting kalau udah berjodoh ya bismillah dijalanin aja takdir berikutnya. Plus percaya Allah kedepannya. Yang udah ditakdirkan sebagai jodoh kita means adalah yang terbaik buat kita, insyaAllah. Perbanyak sabar dan syukur aja  kedepannya *kata ibuk =)

Bingung nih dijelasin panjang lebarnya, resume pake kalimat sederhana dong!

Intinya mah menikah itu sebisa mungkin dengan cara yang hati –hati dan cari ridhoNya, ngga lain dan ngga bukan karena pengennya nikah sekali dan langgeng sampai di FirdausNya. Because honestly, siapa mak comblang terbaik kalau bukan Allah? Trust Allah and everything will be okay.

Fifty Thousand Years before Earth and Heaven were created, 
Allah had written your spouse name next to you,

So take it easy, seganteng dan setalenta apapun kalau bukan jodoh kita ngga akan nyampe ditangan, dan se-ngga cocok apapun, kalau emang jodoh pasti akan naik ke pelaminan. Dan proses pacaran ngga pernah andil sedikitpun dalam proses kepastian ini. Semuanya hak prerogatif Allah untuk memastikan siapa berjodoh dengan siapa.

Sidenote :
Masalah tentang taaruf yang kemungkinannya cerai kayak salah satu public figure yang famous ituuh, saya ngga bisa komen banyak, wallahua’lam, kalau taaruf dilakukan sesuai syariat sesungguhnya dengan minimal zero eror (dari segi niat, visi misi, kemantapan kedepan dan pelaksanaan kehidupan berikutnya, sabar dan syukur) logikanya, harusnya lebih banyak berkahnya.  


See you at next post!

No comments:

Post a Comment

Silakan beri komentar =D

Find Me !

Facebook  Twitter  Instagram

Blogroll

About

a complete pack of girl-turn-to-woman in her 20's something